Melalui Ciri-Ciri Thalassemia, Inilah Pemeriksaan Tahap Diagnosisnya


Diagnosis yang tepat sangat diperlukan untuk mengetahui secara pasti atas suatu penyakit. Untuk itu, pemeriksaan pada tahap diagnosis ini harus dilakukan sesuai prosedur. Munculnya ciri-ciri atau gejala dari suatu penyakit juga sangat membantu proses diagnosis. Seperti halnya ciri-ciri thalassemia sangat membantu mengidentifikasi apakah benar-benar positif mengidap penyakit turunan ini atau tidak. Agar lebih detail, inilah tahapan dalam proses pemeriksaan diagnosis.

  1. Menanyakan Riwayat Penderita dan Keluarga
Image result for periksa ke dokter

Peran penting diagnosis sangat besar karena menentukan ketepatan dalam penanganan medis berikutnya. Melalui hasil diagnosis yang tepat, setiap pasien akan mendapatkan pengobatan yang tepat dan mampu menyembuhkan penyakit yang sedang dideritanya. Sama halnya dalam kasus thalassemia ini sangat dibutuhkan penyembuhan tepat melalui proses diagnosis yang tepat.

Dalam pemeriksaan awal ini, mungkin pihak penderita atau pasien sudah merasakan ciri-ciri thalassemia sebelumnya. Itu sebabnya kemudian memeriksakan dirinya ke dokter. Setelah mendengar keluhan dari pasien dengan lengkap dan memahami semua yang disampaikannya, dokter kemudian akan bertanya mengenai riwayat keluarga.

Dengan gejala yang disebutkan pasien, dokter bisa menduga adanya thalassemia. Karena penyakit ini bersifat genetik atau menurun, pertanyaan riwayat keluarga muncul kemudian. Dalam hal ini, jawaban jujur sangat diperlukan untuk memudahkan proses diagnosis yang dilakukan dokter. Sebenarnya, kelancaran dan ketepatan pemeriksaan ini juga sangat penting untuk penderita itu sendiri. Jawaban pasien tentang riwayat keluarga melalui pertanyaan yang diajukan dokter ini bisa menjadi informasi awal dari pasien.

  1. Pemeriksaan Fisik
Related image

Setelah proses pertama selesai dan mendapatkan jawaban dari pasien, dokter melanjutkan ke tahap selanjutnya. Pemeriksaan dalam tahap awal ini meliputi pemeriksaan fisik. Hal ini berguna untuk memastikan apakah seseorang benar mengidap thalassemia atau tidak. Cara mendeteksinya memerlukan beberapa tahapan dan penyampaian ciri-ciri thalassemia yang dialami sangat membantu.

Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap fisik pasiennya. Berbagai gejala fisik yang dialami ini dapat menjadi dasar yang memudahkan dokter mengidentifikasinya. Sebagai gejala umumnya, penderita thalassemia mengalami anemia yang parah atau kronis. Dikutip dari go-dok.com, gejala lain yang menyertai juga ada, misalnya wajah pucat, gejala kuning, sesak napas, tubuh lemas, berat badan menurun, pembesaran organ limpa, sampai kelainan tulang.

Dengan berbagai ciri-ciri thalassemia tersebut, dokter akan memeriksa sejauh mana tingkat keparahan kondisi tersebut. Setiap ciri-ciri di atas juga diidentifikasi apakah sama seperti gejala dalam kasus thalassemia.

  1. Pemeriksaan Laboratorium
Image result for thalassemia test

Tahap pemeriksaan yang ketiga adalah tes laboratorium. Setelah dilakukan tanya jawab mengenai riwayat penyakit dalam keluarga dan pemeriksaan fisik dibantu dengan identifikasi ciri-ciri thalassemia, dokter kemudian melakukan pemeriksaan sel darah merah di laboratorium.

Setelah mengambil sampel darah pasien, dilakukanlah uji laboratorium dengan menghitung jumlah sel darah keseluruhan, mengamati sel darah dengan mikroskop, pemeriksaan sumsum tulang, elektroforesis hemoglobin, dan analisis DNA. Berbagai tahap ini merupakan prosedur dalam diagnosis medis untuk kasus thalassemia ini.

Mutasi gen DNA akan diketahui seberapa tingkat keparahannya. Hal ini akan memberikan kepastian apakah penderita benar-benar mengalami thalassemia atau tidak, termasuk dengan jenisnya apakah mayor atau minor.

Dari semua penjelasan di atas, Anda akan mengetahui banyak hal tentang identifikasi ciri-ciri thalassemia beserta dengan tahapan diagnosisnya. Sangat penting bagi penderita untuk mengetahui hal ini. Untuk itu, apapun yang dirasakan sebagai suatu gejala dari suatu penyakit, segeralah periksakan ke dokter agar mengetahui sebab pastinya sekaligus mendapatkan penanganan pertama yang cepat dan tepat.

Sumber Artikel:

www.go-dok.com

doktersehat.com

Sumber Gambar:

jakarta.tribunnews.com

doktersehat.com

www.medicalnewstoday.com

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>